Infeksi saluran kemih pada orang dewasa



Definisi

Bacteriuria - ini merujuk kepada keberadaan bakteri dalam urin.
Infeksi saluran kemih (UTI) - ini berarti adanya gejala khas dan signifikan bacteriuria dari ginjal kandung kemih. Banyak laboratorium menganggap 105 koloni membentuk unit per mililiter (cfu/ml) sebagai ambang batas untuk mendiagnosis signifikan bacteriuria.
Lebih rendah UTI - ini umumnya dianggap infeksi kandung kemih (sistitis).
Atas UTI - ini termasuk pyelitis dan Pielonefritis.
ISK berulang - ini mungkin kambuh atau terinfeksi ulang. Angka kekambuhan dianggap sebagai klinis yang signifikan tergantung pada usia dan jenis kelamin.
Tidak rumit UTI - ini merujuk kepada infeksi saluran kemih oleh patogen yang biasa pada seseorang dengan saluran kencing normal dan fungsi ginjal yang normal.
Rumit UTI - hal ini terjadi dimana anatomi, fungsional atau farmakologis faktor mempengaruhi orang terus-menerus infeksi, infeksi berulang atau pengobatan kegagalan - misalnya, saluran kemih abnormal.

Antara 52% dan 90% laki-laki dengan UTI telah dilaporkan memiliki keterlibatan prostat dalam infeksi, yang dapat menyebabkan abses prostat atau prostatitis.

Patogenesis

Beberapa mikro-organisme diketahui menyebabkan ISK, tetapi sebagian besar infeksi akan diproduksi oleh organisme tiga:

Escherichia coli
Staphylococcus saprophyticus
Proteus mirabilis

Infeksi dengan organisme kurang umum lebih cenderung terjadi pada pasien yang memiliki mendasari pathology dan/atau sering infeksi, immunosuppressed, atau yang catheterised. Organisme yang mungkin menghasilkan infeksi dalam keadaan ini meliputi:

Klebsiella spp.
Proteus vulgaris
Candida albicans
Pseudomonas spp.

Epidemiologi

ISK umum dalam praktek umum, 1-3% dari semua konsultasi. Hampir setengah dari semua wanita melaporkan setidaknya satu UTI kadang-kadang selama masa hidup mereka, dan setelah UTI awal, 20% untuk 30% dari perempuan mengalami kambuh. [2]

ISK pria lebih sering di terjadi di semua usia.
Pasien kedua jenis kelamin lebih mungkin untuk mengembangkan UTI jika ada kelainan saluran ginjal atau jika ada hari instrumentasi saluran ginjal.
Penggunaan antibiotik perubahan flora vagina dan mempromosikan kolonisasi saluran kelamin dengan E. coli, mengakibatkan berikutnya peningkatan risiko UTI.
Faktor risiko lain yang terkait dengan UTI meliputi: [1]
Aktivitas seksual yang terakhir
Mitra seksual baru
Penggunaan spermicide [3]
Diabetes
Kehadiran kateter
Institusionaliasi
Kehamilan - kehamilan mungkin harus dicari pada wanita usia subur
Komponen genetik risiko - peningkatan insiden UTI di saudara perempuan segera wanita dengan ISK berulang (juga didukung oleh fakta bahwa UTIs 3 - 4 kali lebih sering terjadi pada wanita dengan groups[4]) darah tertentu.

Presentasi

UTI dapat hadir dengan berbagai gejala, atau mungkin benar-benar asimtomatik dan didiagnosis hanya pada berenang rutin pengujian. Gejala presentasi akan bervariasi dengan usia dan jenis kelamin pasien dan juga dengan keparahan dan situs infeksi tetapi mungkin termasuk:

Frekuensi berkemih
Menyakitkan sering lewat hanya kecil jumlah urin
Disuria
Haematuria
Berbau busuk ± berawan urin
Urgensi
Inkontinensia
Nyeri Suprapubic atau pinggang
Kerasnya
Pireksia
Mual muntah ±
Keadaan confusional akut - terutama orang tua
ref:
http://www.patient.co.uk/doctor/urinary-tract-infection-in-adults

0 komentar: